Kursus Service AC Di Jakarta Utara, WA 0852-4287-5701

3 Hal yang Harus Anda Tahu Sebelum Mengambil Kursus AC Jakarta

Kursus AC JakartaSaat ini ada begitu banyak kursus di bidang teknik yang dapat Anda manfaatkan untuk menambah skill sekaligus sebagai peluang usaha. Salah satunya adalah kursus service AC di Jakarta Utara yang memberikan pelatihan seputar AC (Air Conditioner). Mulai dari bagaimana merawat dan memperbaiki AC yang rusak.

Siapapun bisa mengikuti kursus AC. Baik itu orang yang memiliki latar belakang sebagai teknisi maupun seorang pemula sekalipun. Jika Anda tertarik mengikuti kursus AC, pahami terlebih dahulu jenis-jenis kursusnya, materi yang diajarkan, serta beberapa informasi penting lainnya berikut ini.

Jenis-Jenis Kursus Service AC di Jakarta Utara

Kebanyakan orang awam mungkin beranggapan bahwa semua AC itu sama. Misalnya, antara AC split dengan AC mobil, atau jenis AC lainnya. Karena fungsinya berbeda, beberapa komponen di dalamnya juga berbeda. Begitu juga dari segi perawatan dan perbaikan jika ada kerusakan.

Dari situlah muncul beberapa jenis kursus AC Jakarta. Ada yang berfokus mengajarkan salah satu kursus satu per satu. Tapi ada pula yang menawarkan semua jenis pelatihan AC sekaligus. Apa saja jenisnya? Berikut beberapa di antaranya:

1. Kursus Service AC Split

Kursus ini akan mengajarkan pelatihan memperbaiki AC split, yaitu jenis AC yang terpasang di dinding. Dinamakan AC split, karena terdiri dari dua unit, yaitu indoor (unit pendingin dalam ruangan) dan outdoor (unit pendingin luar ruangan).

2. Kursus Service AC Inverter

Anda dapat mempelajari cara service AC inverter, yaitu AC dengan teknologi lebih canggih dari AC biasa. Salah satunya yaitu kemampuan menghemat energi dengan menurunkan kecepatan kompresor setelah suhu ruangan mencapai tingkat suhu sesuai pengaturan pada termostat

3. Kursus Service AC Split Duct

Pelatihan ini khusus untuk mempelajari bagaimana perbaikan AC split duct, yaitu AC yang memiliki pendistribusian hawa dingin dengan sistem ducting. AC ini dikontrol pada satu titik dan biasanya dipasang di ruangan-ruangan yang luas, seperti mall, gedung perkantoran, dan lainnya.

4. Kursus Service AC Ceiling Cassette

Dengan mengikuti kursus ini, Anda bisa mempelajari cara service AC ceiling cassette, yaitu jenis AC yang bagian dalamnya menempel di plafon. Biasanya AC ini dipasang di lobby kantor, hotel, aula, restoran, showroom, dan sebagainya.

5. Kursus Service AC Standing Floor

Kursus ini akan mengajarkan bagaimana merawat dan memperbaiki AC standing floor, yaitu jenis AC yang dapat berdiri di lantai. AC ini memiliki roda di bagian bawah unit indoor-nya, sehingga tidak perlu dipasang di dinding atau di plafon.

6. Kursus Service AC Mobil

Pelatihan ini akan mengajarkan cara perbaikan AC mobil, yaitu AC yang dipasang di mobil. Komponennya dibuat sedemikian rupa, sehingga mampu mengatur suhu dan kelembaban udara di dalam kabin mobil. Selain mendinginkan kabin, AC ini juga mampu memanaskan suhu kabin mobil.

Kurikulum Pembelajaran dalam Kursus AC Jakarta

Sebelum memutuskan untuk mengambil kursus AC Jakarta, cari tahu juga materi apa saja yang akan Anda pelajari selama pelatihan berlangsung. Umumnya, setiap lembaga kursus menyediakan bahan ajar berupa panduan teoritis dan praktek. Mulai dari tingkat pemula, menengah, hingga advance.

Ada juga penguatan mental untuk meningkatkan soft skill yang dibutuhkan peserta kursus agar siap menjadi tenaga teknisi AC profesional. Penasaran apa saja daftar materi tersebut? Berikut beberapa di antaranya, mulai dari materi teoritis, praktek, penguatan mental, dan metode ajar pada umumnya.

1. Materi Teoritis

Sebelum langsung terjun praktek perawatan atau perbaikan AC, setiap peserta kursus tentu dibekali materi teoritis tentang dasar-dasar AC. Umumnya, setiap lembaga kursus mengajarkan beberapa poin materi yang tidak berbeda jauh antara satu sama lain, yaitu:

● Pengenalan dasar AC, meliputi bagian-bagian AC, fungsi, serta teori dasar AC atau sistem refrigerasi. Ada juga materi tentang wiring diagram dan kelistrikan 3 phase.

● Sistem kerja AC, yaitu materi tentang instalasi danree-instalasi AC, serta assembly dan disassembly AC.

● Pengenalan alat ukur, yaitu tool untuk mengerjakan proses perawatan dan perbaikan AC beserta sistem pengukurannya.

● Prosedur teknis. Mulai dari materi seputar SOP perawatan dan perbaikan AC, flowchart layanan perbaikan AC, serta prosedur analisa dan identifikasi troubleshooting.

● Penanganan instalasi AC. Mulai dari penjelasan tentang cara pembersihan, perawatan, dan perbaikan AC, hingga pengisian freon dan komponen AC lainnya.

● Konsep elektrikal instalasi AC, yaitu sistem dan komponen elektrikal yang ada pada sistem refrigerasi AC.

● Trouble shooting, yaitu mengenalkan kode error dan cara menangani berbagai jenis troubleshooting pada AC. Mulai dari troubleshooting pada sistem refrigerasi, kelistrikan, hingga kompresor.

● Bimbingan wirausaha, yaitu pengenalan bagaimana cara membangun bisnis perbaikan AC. Baik itu secara individual maupun kelompok.

2. Materi Praktek

Setelah menerima beberapa materi teoritis di atas, peserta kursus juga akan mendapat materi praktek langsung pengajar. Di sesi ini, peserta kursus akan mempraktekkan beberapa materi berikut.

● Praktek bongkar-rakit AC, mulai dari instalasi AC indoor dan outdoor.

● Praktek pengukuran, yaitu mengukur beberapa komponen elektrik dalam AC.

● Praktek perawatan AC yang benar agar tidak mudah rusak, seperti pembersihan filter, pengecekan freon, dan sebagainya.

● Praktek analisa dan perbaikan troubleshooting pada beberapa unit AC yang mengalami kerusakan.

● Ujian tulis dan praktek untuk memaksimalkan pemahaman teoritis sekaligus keterampilan praktis.

3. Penguatan Mental

Di samping materi teoritis dan praktis untuk mengembangkan hard skill, peserta kursus juga perlu memperdalam soft skill lewat penguatan mental. Hal ini meliputi beberapa kemampuan berikut.

  • Profesional dalam bekerja, serta senantiasa bersikap jujur dan disiplin.
  • Percaya diri dalam melayani klien dan melakukan tindakan.
  • Optimis dan berpikir positif dalam setiap project perbaikan AC.
  • Kreatif untuk menemukan hal-hal baru yang lebih efektif dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Berani mengambil resiko dalam setiap pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.

4. Metode Ajar

Semua materi kursus AC di atas diajarkan dengan beragam metode. Mulai dari presentasi atau ceramah, diskusi interaktif, studi kasus, serta praktek langsung di lapangan. Sementara cara pelatihannya ada yang melalui pelatihan online, pelatihan di kantor, serta inhouse training.

Cara Memilih Tempat Kursus AC Jakarta yang Tepat

Setelah mengetahui jenis-jenis kursus AC dan beberapa kurikulum yang diajarkan, sekarang ketahui juga bagaimana cara memilih tempat kursus AC Jakarta yang tepat. Jangan pilih asal-asalan. Pastikan memilih tempat kursus berkualitas dan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

Supaya tidak bingung dalam memilihnya, perhatikan lima parameter sebelum memilih tempat kursus AC berikut ini. Mulai dari lokasi, fasilitas, siapa pengajarnya, serta waktu dan biaya kursus. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Lokasi

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih tempat kursus AC yaitu lokasinya. Pilih tempat kursus terdekat dari tempat tinggal Anda agar tidak memakan terlalu banyak waktu dan tenaga untuk pergi ke sana. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan energi untuk mengikuti kursus.

Dengan memilih tempat kursus yang paling dekat, Anda juga dapat menghemat biaya transportasi. Misalnya, Anda tinggal di Jakarta Barat, jangan memilih tempat kursus service AC di Jakarta Utara, Timur, atau Selatan. Tapi sebaiknya cari tempat kursus AC di Jakarta Barat.

2. Fasilitas

Ketersediaan fasilitas memegang peranan penting dalam menjalankan kursus AC. Karena itulah, pilih tempat kursus dengan kelengkapan fasilitas yang memadai, sehingga Anda pun dapat menyerap materi secara maksimal. Beberapa fasilitas penting yang perlu Anda pertimbangkan, antara lain:

  • Peralatan praktek. Mulai dari alat ukur, beberapa unit AC sebagai media praktek, serta alat-alat teknis lainnya untuk mendukung proses perawatan dan perbaikan AC.
  • Ruangan kursus yang nyaman, serta cukup luas untuk menampung peserta kursus dan beberapa unit AC sebagai media praktek.
  • Modul pembelajaran yang berisi panduan dasar pelatihan perbaikan AC, sehingga bisa menjadi bekal teoritis dan dapat dipelajari kembali di rumah.
  • Praktek lapangan sampai mahir untuk menerapkan keterampilan yang telah didapat. Misalnya, praktek memperbaiki beberapa unit AC dengan kasus kerusakan yang berbeda-beda.
  • Konsultasi. Selain mendapatkan sesi pelatihan teoritis dan praktis, pastikan juga untuk memilih tempat kursus yang melayani konsultasi lebih lanjut agar memudahkan Anda saat ada hal-hal yang ingin ditanyakan seputar AC.
  • Sertifikasi sebagai bukti peserta kursus telah menyelesaikan pelatihan hingga selesai dan memiliki kemampuan yang bagus sebagai seorang teknisi AC.
  • Penyaluran kerja menjadi teknisi AC ke sebuah perusahaan atau dengan memberikan networking kepada orang-orang yang relevan.

3. Pengajar

Parameter ketiga yang tak boleh Anda lewatkan yaitu kualitas pengajarnya. Pilih tempat kursus service AC Jakarta yang memiliki tenaga pengajar berkualitas dan berkompeten. Salah satunya bisa Anda lihat dari kepemilikan sertifikat profesi resmi.

Pastikan Anda menempuh kursus AC dari pengajar yang memiliki sertifikat profesi resmi. Misalnya, sertifikat dari badan pemerintah, seperti BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Dengan sertifikat tersebut, kompetensi pengajar akan lebih terjamin sesuai standar yang berlaku.

4. Waktu Kursus

Jadwal kursus juga perlu Anda pertimbangkan matang-matang menyesuaikan dengan waktu Anda. Apalagi jika Anda memiliki kesibukan pekerjaan lain yang lebih utama. Sebaiknya tempat kursus dengan jadwal yang lebih fleksibel. Misalnya, saat weekend, hari libur, atau sepulang kerja.

Akan tetapi, jika Anda belum memiliki kesibukan lain, sebaiknya maksimalkan kursus dengan jadwal reguler. Biasanya ada juga tempat kursus yang membuka kelas pelatihan setiap weekday, mulai dari Senin-Jumat. Pastikan juga berapa lama durasinya dan sesuaikan dengan waktu yang Anda miliki.

5. Biaya

Parameter yang kelima ini juga tidak kalah penting. Karena bagaimanapun, tidak ada tempat kursus AC yang gratis. Namun, tetap usahakan untuk memilih biaya kursus sesuai anggaran yang Anda miliki. Jangan asal meniru saran dari orang lain, karena kemampuan ekonomi setiap orang berbeda.

Sebagus apapun materi, fasilitas, dan tenaga pengajarnya, tentu percuma jika biayanya melebihi anggaran yang Anda miliki. Tak ada salahnya membandingkan biaya kursus dari tempat pelatihan yang satu dengan lainnya untuk menemukan tempat kursus terbaik sesuai anggaran.

Sekarang tidak perlu bingung mencari di mana tempat kursus AC Jakarta yang bagus. Langsung hubungi 0852-4287-5701 yang berpengalaman dalam memberikan pelatihan teknisi AC. Biayanya pun terjangkau dan sangat worth it sebagai investasi yang menguntungkan untuk membuka usaha service AC ke depannya.

Testimoni Kursus Service AC di Jakarta Utara

LEAVE A COMMENT

Your comment will be published within 24 hours.

Copyright © 2020- Jagodingin.com by Endangered Indonesia.
All Rights Reserved.